Pendidikan

SMP Binaul Husna Gelar Kegiatan P5 untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa

58
×

SMP Binaul Husna Gelar Kegiatan P5 untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, SERANG – SMP Binaul Husna sukses menggelar kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang melibatkan seluruh siswa dari kelas 1 hingga kelas 3. Kegiatan berlangsung di lapangan sekolah pada Senin, 16 Desember 2024, mulai pukul 08:30 WIB hingga selesai.

Dengan tujuan membentuk karakter dan meningkatkan keterampilan, kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan, Kepala Sekolah SMK, Dewan Guru dari berbagai jenjang pendidikan, serta para siswa-siswi Bina’ul Husna dan Dewan Guru SD Negeri Mandaya 2.

BACA JUGA :  Penggerudukan SMAN 24 Kabupaten Tangerang Dinilai Tidak Tepat Waktu

Dalam acara ini, siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk menampilkan berbagai kreasi, seperti silat kaserangan, tarian daerah, kearifan lokal, bazar, dan proyek yang berhubungan dengan lima nilai inti Profil Pelajar Pancasila: iman, takwa, budi pekerti luhur, mandiri, gotong royong, dan berpikir kritis.

Setiap kelompok memiliki kebebasan untuk memilih tema yang sesuai dengan minat mereka, serta menyusun rencana dan melaksanakan proyek secara mandiri.

BACA JUGA :  Soal Study Tour SMPN 14, Sachrudin dan Ketua DPRD Pelajari Opsi Sanksi

Maman Nukman, S.Sos., Kepala SMP Bina’ul Husna, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh Dewan Guru atas kerja sama yang luar biasa dalam menyusun dan melaksanakan acara P5.

“Walaupun persiapan hanya empat hari dan bersamaan dengan penilaian rapor, kegiatan ini berjalan lancar tanpa kendala. Semoga kegiatan belajar mengajar di SMP Bina’ul Husna semakin maju, terutama dalam Kurikulum Merdeka, dengan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Kegiatan P5 mendapat sambutan positif dari siswa dan orang tua. Banyak siswa merasa lebih memahami cara mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila, baik di sekolah maupun di luar. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan orang tua dan masyarakat sekitar dalam proses pembelajaran kolaboratif.

Sebagai penutup, hasil proyek dari setiap kelompok akan dipresentasikan di depan seluruh siswa dan guru, yang akan memberikan umpan balik serta penghargaan atau sertifikat atas kreativitas dan inovasi yang telah dilakukan. (Supartono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *