NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Pasca liburan Idul Fitri 1442 H, aktifitas di kantor pelayanan Samsat sedikit ada peningkatan. Untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan prosedur, dan tidak ada pungli, Kasat Lantas Polres Blora AKP Edi Sukamto, SH,MH melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kantor Samsat Cepu, Jumat (21/5/2021).
Sidak tersebut dilakukan untuk meninjau langsung pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat meliputi, pengecekan pelayanan publik dari loket pendaftaran, cek fisik hingga penyerahan STNK, dan juga cek sarana protokol kesehatan yang ada.
Kasat Lantas AKP Edi Sukamto mengungkapkan bahwa dirinya sengaja melakukan Sidak karena ingin mengetahui situasi, dan kondisi real di lapangan, bagaimana pelayanan kepada masyarakat dikantor Samsat terutama pasca libur lebaran.
“Kita lakukan sidak, untuk memastikan bahwa pelayanan yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Selain itu, dalam pelayanan harus memperhatikan protokol kesehatan, salah satunya adalah harus jaga jarak fisik saat terjadi antrian,” ungkap Kasat Lantas.
Lebih lanjut AKP Edi menambahkan bahwa dalam pelayanan publik jangan sampai ada pungli. Dan kepada masyarakat, mantan Kasat Sabhara Polres Klaten ini berpesan agar mengurus pembayaran pajak kendaraan sendiri, tidak melalui calo atau makelar. “Proses pembayaran pajak cepat, dan mudah. Hindari Calo atau makelar,” tandasnya.
Masih tambah Kasat Lantas, untuk mewujudkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi, dan wilayah birokrasi bersih melayani, Polres Blora terus berbenah dalam meningkatkan mutu pelayanan publik kepada masyarakat.
Marno, salah satu warga Kelurahan Cepu mengapresiasi pelayanan yang dilakukan Samsat Cepu. “Cepat, dan mudah, ini tadi saya mengurus perpanjangan STNK, Alhamdulilah sudah selesai,” kata Marno. (Hans)